Resep Kue Cucur

Resep Kue Cucur - Kue Cucur atau Cucur adalah salah satu makanan tradisional Indonesia jadi dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, tetapi khusus di daerah Jakarta (Betawi) makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, cucur wajib dihidangkan. 

Tidak hanya di Betawi kini di daerah Jawa Timur, seperti Situbondo, Bondowoso, Madura, Probolinggo dan sekitarnya kue cucur ini sangatlah dikenal dan kue wajib kalo lagi ada hajatan. Rasanya manis, gurih, empuk di tengah dan renyah di bagian pinggirnya. Cara membuat kue ini cukup di goreng.

Bahan Untuk Membuat Kue Cucur :
  • 125 gram tepung beras
  • 3 sdm tepung terigu
  • 125 gram gula merah sisir
  • 1 gelas air (350 ml)
  • 2 lembar daun pandan kecil
  • Sepucuk sdt garam

Resep Kue Cucur
Resep Kue Cucur
Baca juga Resep Donat Kentang
Cara Membuat Kue Cucur :
  1. Masukan air, gula merah dan panan, panaskan hingga mendidih,angkat  lalu saring dan biarkan menjadi hangat.
  2. Masukan tepung beras, terigu dan garam dalam baskom, tuang setengah larutan gula aduk hingga rata, tepuk- tepuk atau pukul-pukul adonan menggunakan tangan selama -+ 20 menit lalu tuang sisa larutan gula tepuk kembali hingga terasa ringan. diamkan adonan selama 1/2 jam.
  3. Panaskan 5 sdm minyak dalam wajan, tuang 1 sendok sayur adonan dalam wajan, siram-siramkan minyak panas pada anonan tersebut, biarkan hingga pinggiran kue kering seperti renda, tusuk dengan lidi supaya tengahnya juga matang.dan biarkan adonan mengembang seperti gunung.
  4. Goreng hingga benar-benar matang lalu angkat, goreng satu persatu hingga adonan habis.

Sekali coba, pasti anda pengen lagi merasakan kue cucur ini :). Demikianlah Resep kue cucur, semoga bermanfaat dan menambah daftar resep anda di dapur....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Cucur

0 comments:

Post a Comment