Resep Kue Cubit Pelangi Lezat

Resep Kue Cubit Pelangi Lezat - Sekilas melihat kue cubit memang agak mirip dengan kue lumpur, hanya saja kue cubit memiliki bentuk yang agak mengembang dengan taburan meses di atasnya. Kue cubit merupakan salah satu kue yang sangat populer di ibukota termasuk dalam kue basah. Kue cubit memiliki diameter kira-kira 4 cm dan biasa dijajakan sebagai makanan anak sekolah. Mungkin jika sekilas mendengar namanya agak aneh, hal ini dikarenakan cara mengambil kue ini menggunakan penjepit seperti dicubit.

Dalam pembuatan kue cubit juga tergolong sederhana dan tidak merepotkan. Sehingga membuat anda di rumah lebih praktis membuatnya. Kue cubit biasanya menggunakan cetakan berbentuk bulat, namun kini kue cubit bisa dicetak dengan berbagai jenis bentuk. Dengan cita rasa lezat dan menggairahkan, setiap keluarga di rumah pasti ingin mencicipinya lagi dan lagi.


Bahan untuk membuat Kue Cubit Pelangi Lezat :

  • 150 gr tepung terigu serba guna
  • 100 gr gula pasir
  • Pasta rainbow (golden brown) atau pewarna makanan (warna sesuai selera)
  • 3/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 2 butir telur
  • 100 ml susu cair plain/ susu ultra
  • 100 gr mentega, lelehkan
  • 1 sachet vanili
  • aneka topping messes, keju, taro, coklat potong/ kitkat, marshmallow, dll sesuai selera
Resep Kue Cubit Pelangi Lezat
Resep Kue Cubit Pelangi Lezat
Baca juga Resep Martabak Manis Spesial

Cara Membuat Resep Kue Cubit Pelangi Lezat :
  1. Masukkan telur dan gula pasir kedalam wadah, kemudian mixer telur dan gula pasir sampai mengembang.
  2. Setelah itu masukkan tepung dan juga mentega cair secara pelan-pelan, sambil diaduk hingga merata.
  3. Tambahkan vanili, soda kue, baking powder, dan susuaduk hingga merata dan adonan lembut (jangan ada adonan yang menggumpal). Sisihkan.
  4. Siapkan 5 mangkuk dan tuangkan 3 tetes pasta rainbow atau pewarna makanan pada setiap mangkuk dengan warna yang berbeda-beda. Kemudian tuangkan 2 sendok sayur adonan Kue Cubit kedalam setiap mangkuk yang sudah ada pewarnanya tadi, aduk hingga merata dan diamkan kurang lebih 10-15 menit.
  5. Panaskan cetakan Kue Cubit, olesi dengan mentega, lalu tuangkan adonan Kue Cubit yang sudah diberi pewarna sebanyak kurang lebih 3/4 dari tinggi cetakan (jangan sampai kepenuhan). 
  6. Masak dengan api kecil dan tutup adonan yang sedang dimasak agar uapnya tidak kemana-mana. Taburkan messes atau keju saat adonan setengah matang, kemudian tutup lagi. Tunggu hingga Kue Cubit mengembang dan empuk.
  7. Angkat dan susun topping dengan varian rasa yang berbeda di atas setiap Kue Cubit, misal yang warna kuning dikasih topping kitkat/potongan coklat, yang hijau toppingnya messes, yang merah toppingnya taro, yang coklat toppingnya marshmallow (susun sesuai selera). 
  8. Sajikan, nikmati selagi hangat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Cubit Pelangi Lezat

0 comments:

Post a Comment